ABSTRAK
Hasil
belajar siswa kelas V SD Negeri XXX pada pokok bahasan bangun datar pada tahun
ajaran 2003/2004 setelah dianalisis mempunyai hasil yang rendah, hal ini diduga
karena pendekatan pembelajaran pada saat itu belum tepat, maka dalam penelitian
kelas ini digunakan pendekatan pembelajaran Contex tual Teaching and Learning
(CTL) yang menekankan konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara
materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa
untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun
permasalahan yang akan dibahas adalah apakah pembelajaran matematika dengan
pendekatan CTL pada pokok bahasan bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V SD Negeri XXX? Sedangkan tujuan diadakannya penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun
datar dengan pendekatan CTL.
Lokasi
penelitian dilakukan di SD Negeri XXX. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas
V SD Negeri XXX, guru kelas V SD Negeri XXX dan pengamat. Penelitian dibagi
menjadi 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian tindakan
kelas ini tercapai apabila siswa mempunyai nilai rata-rata kelas minimal 6,5
dan ketuntasan belajar kelas diatas 75%. Pada siklus I siswa mencapai nilai
rata-rata kelas minimal 6,27, sedangkan ketuntasan belajarnya adalah 50 %.
Siklus II mencapai nilai rata-rata kelas 7,2 dan ketuntasan belajarnya adalah
78,5%.
Berdasarkan
hasil belajar siswa diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri XXX
pada pokok bahasan bangun datar, sehingga disarankan agar dalam mengajar pada
pokok bahasan bangun datar guru seyogyanya menggunakan pendekatan CTL.
Untuk mendapatkan file lengkap hubung/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar