S A R I
xxxxxxxxxxxx. Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Quantum Teaching bidang Studi IPA Kelas III Di SD Negeri Gunungsari 01 kecamatan Batangan Kabupaten Pati
Skripsi. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Drs. Hardjono, II. Drs. Sukirman ,M.Si.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Quantum Teaching
Penyajian dalam pembelajaran Quantum Teaching merupakan model pembelajaran yang ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan bersama. Model pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal, yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan yang segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching, karena strategi tersebut bisa diterapkan di SD. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching bagi siswa SD Negeri Gunungsari 01, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati.
Penelitian dilakukan di SD Negeri Gunungsari 01, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa Kelas III SD. Variabel penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode Quantum Teaching sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikatnya. Data diambil menggunakan teknik tes, dan observasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum perlakukan adalah 6,1. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 6,6, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi menjadi 7,3 dan siklus III hasil belajar siswa meningkat menjadi 7,9. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode Quantum Teaching tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 7,3. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh t= hitung 6,935 > t 1,77. Hal ini berarti metode pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran IPA siswa kelas III SD Negeri Gunungsari 01, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati.
Mengacu dari hasil penelitian, metode pembelajaran Quantum Teaching mampu meningkatkan hasil belajar maka penulis mengajukan saran sebagai berikut: 1) Sebagai bahan pertimbangan hendaknya guru IPA kelas III SD dapatmelakukan pembelajaran IPA untuk kelas III SD dengan menerapkan metode pembelajaran Quantum Teaching, sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal 2) Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk memungkinkan diadakannya penelitian lebih lanjut sehingga diperoleh kemampuan yang lebih tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.(1994). Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP Kelas III SD. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ari Nilandri (2001).Quantum Teaching :Orchestrating Student Succes (Bobbi DePoter, Mark Reardon, Sarah Singer-Nourie,Terjemahan),Boston :Allyn and Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 1999.
Kasiani Kasbollah (1988). Pelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Depdibud.
Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang : Rineka Cipta. Margono.(1996).
---------- (1999). Pelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Umum
Nasution,S (1998). Metode Penelitian Naturalistik Kualistif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratna Wilis Dahar. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Gulo,W. (2002) Strategi Belajar Mengaja. jakarta: Balai Pustaka.
Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Afabeta. Sugiyono.(2002).
Iskandar, srini M.(1997) .Pendidkan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdibud Dirjendikti.
Suharsimi Arikunto. (1996). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.
Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. -------------(1993).
Suwarsih Madya (1994). Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta:Lembaga Pelitian IKIP Yogyakarta.
Suyanto. (1996).Pendidikan Pelaksanaan Penelitian Tindakan kelas. Yogyakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan dan Kebudayan.
Syamsudin, Abin. 2000. Psikologi kependidikan. Bandung: Rosdakarya.
Winkel,WS.1986. Psikologi pendidkan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia
.
BUku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar