HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Rabu, 02 November 2011

PTK SMA 004 : PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI MATERI BIOSFER PADA SISWA KELAS XI IS 3 SEMESTER 2 SMAN 1 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007


ABSTRAKSI
xxxxxxxxxx  “PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI MATERI BIOSFER PADA SISWA KELAS XI IS 3 SEMESTER 2  SMAN 1 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007

Penelitian ini bertujuan  untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi biosfer siswa kelas XI IS 3 semester 2 di SMA Negeri 1 Madiun dengan cara penggunaan metode diskusi. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang untuk  mengaktifkan siswa dalam penelitian ini, peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa.
Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IS 3 semester 2 di SMA Negeri 1 Madiun sedang objeknya adalah pembelajaran geiografi diajarkan dengan cara menggunakan metode pembelajaran diskusi
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 25 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebear 35 %.
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan tehnik pembelajaran diskusi.

Keyword
1.      Metode Pembelajaran diskusi
2.      Geografi
Penelitian Tindakan Kelas

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke  HP. 0856 0196 7147


Tidak ada komentar:

Posting Komentar