ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam
pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematic Education
dan mengetahui hasil belajar siswa dengan pendekatan Realistic
Mathematic Educations. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN XXX yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik
observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Penelitian ini merupakan
tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan
kepala sekolah.
Analisis data
secara diskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian tindakan kelas ini
menyimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yaitu
peningkatan kemampuan siswa dalam mengajukan dugaan sebanyak 11 siswa (39,28%)
pada putaran I, 13 siswa (46,43%) pada putaran II, pada putaran III sebanyak 15
siswa. Siswa yang mampu memanipulasi matematika sebanyak 9 siswa (32,14%) pada
putaran I, 11 siswa (39,28%) pada putaran II dan 15 siswa (53,57%) pada putaran
III. Siswa yang mampu menarik kesimpulan
dari pernyataan meningkat sebanyak 11 siswa (39,28%) pada putaraan I, 1,15
siswa (53,57%) pada putaraan II dan 18 siswa (64,28%) pada putaraan III.
Kemampuan dalam memeriksa kesahihan suatu argumen sebanyak 10 siswa (35,71%)
pada putaraan I, 14 siswa (50%) pada putaran II, 16 siswa pada putaran III,
kemampuan siswa dalam menentukan pola/sifat dari gejala matematis
meningkat pada putaran I sebanyak 13
siswa (46,43%), 15 siswa (53,57%) pada putaran ke II dan pada putaran III
sebanyak 16 siswa (57,14%). Jumlah siswa dalam mengerjakan soal dengan benar sebanyak 10 siswa (35,71%)
pada putaran I, 12 siswa (42,85%) pada putaran II dan 15 siswa (53,57%) pada
putaran III dan ketrampilan dalam menggunakan alat peraga meningkat pada
putaran I, sebanyak 8 siswa (28,57%), 10 siswa (35,71%) pada putaran II dan 13
siswa (46,43%) pada putaran III. Hasil data tersebut bahwa hasil belajar siswa
meningkat. Dengan adanya peningkatan kelima aspek tersebut maka dapat diambil
kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika juga mengalami peningkatan yang cukup berarti.
Kata kunci : kemampuan berpikir
kritis, hasil belajar, realistic
DAFTAR PUSTAKA
Agustina,
Tika. 2007. Upaya Peningkatan Aktivitas Berpikir Kritis Melalui
Pengorganisasian Tugas Terstruktur dan Kuis. Skripsi. (tidak
dipublikasikan): UMS.
Aqib,
Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.
Arikunto,
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar,
Syaifudi. 1992. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta :
Signa Alfa.
Fauziningrum.
2006. Peningkatan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Melalui
Pendekatan Problem Solving. Skripsi (tidak dipublikasikan). UMS.
Gunawan,
Adi W. 2004. Genius Learning Strategy. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Harsanto,
Radno. 2005. Melatih Anak Berpikir Analitik, Kritis dan Kreatif, Jakarta : Gramedia.
Mahaningrum,
D. Sari. 2007. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran
Matematika melalui Collaborative Learning. Skripsi (tidak
dipublikasikan): UMS.
Marpaung.
2003. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Alam Disampaikan Pada
Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Lomba Matematika di Universitas
Muhammadiyah Surakarta tanggal 24 Februari 2003.
M.
Klafid, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika: Untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta:
Erlangga.
Panca
Helena. 2003. Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika Dari Paradigma
Mengajar ke Paradigma Belajar. Disajikan Dalam Seminar Nasional Pendidikan
Matematika yang Diselenggarakan Pusat Studi Pembelajaran Matematika Universitas
Sanata Dharma Yogyakarta Tanggal 27-28 Maret 2003.
Sagala,
Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.
Siti
M. Amin, dkk. 2008. Matematika SD di Sekitar Kita: Untuk Sekolah Dasar Kelas
III. Semester 2. Jakarta: Esis.
Slameto.
2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sumarno.
Ig. 2002. Matematika 3 Mari Berhitung: Untuk Sekolah Dasar Kelas 3. Jakarta:
Depdiknas.
Wiriaatmadja,
Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar