HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 07 November 2016

PTK SD 214 = Pd 879 : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (PTK Di SD XXX Tahun Ajaran 2009/2010)

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematic Education dan mengetahui hasil belajar siswa dengan pendekatan Realistic Mathematic Educations. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN XXX yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah.
Analisis data secara diskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan kemampuan siswa dalam mengajukan dugaan sebanyak 11 siswa (39,28%) pada putaran I, 13 siswa (46,43%) pada putaran II, pada putaran III sebanyak 15 siswa. Siswa yang mampu memanipulasi matematika sebanyak 9 siswa (32,14%) pada putaran I, 11 siswa (39,28%) pada putaran II dan 15 siswa (53,57%) pada putaran III. Siswa yang  mampu menarik kesimpulan dari pernyataan meningkat sebanyak 11 siswa (39,28%) pada putaraan I, 1,15 siswa (53,57%) pada putaraan II dan 18 siswa (64,28%) pada putaraan III. Kemampuan dalam memeriksa kesahihan suatu argumen sebanyak 10 siswa (35,71%) pada putaraan I, 14 siswa (50%) pada putaran II, 16 siswa pada putaran III, kemampuan siswa dalam menentukan pola/sifat dari gejala matematis meningkat  pada putaran I sebanyak 13 siswa (46,43%), 15 siswa (53,57%) pada putaran ke II dan pada putaran III sebanyak 16 siswa (57,14%). Jumlah siswa dalam mengerjakan  soal dengan benar sebanyak 10 siswa (35,71%) pada putaran I, 12 siswa (42,85%) pada putaran II dan 15 siswa (53,57%) pada putaran III dan ketrampilan dalam menggunakan alat peraga meningkat pada putaran I, sebanyak 8 siswa (28,57%), 10 siswa (35,71%) pada putaran II dan 13 siswa (46,43%) pada putaran III. Hasil data tersebut bahwa hasil belajar siswa meningkat. Dengan adanya peningkatan kelima aspek tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika juga mengalami peningkatan yang cukup berarti.


Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, realistic




DAFTAR PUSTAKA

Agustina, Tika. 2007. Upaya Peningkatan Aktivitas Berpikir Kritis Melalui Pengorganisasian Tugas Terstruktur dan Kuis. Skripsi. (tidak dipublikasikan): UMS.
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, Syaifudi. 1992. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Signa Alfa.
Fauziningrum. 2006. Peningkatan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving. Skripsi (tidak dipublikasikan). UMS.
Gunawan, Adi W. 2004. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Harsanto, Radno. 2005. Melatih Anak Berpikir Analitik, Kritis dan Kreatif, Jakarta: Gramedia.
Mahaningrum, D. Sari. 2007. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika melalui Collaborative Learning. Skripsi (tidak dipublikasikan): UMS.
Marpaung. 2003. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Alam Disampaikan Pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Lomba Matematika di Universitas Muhammadiyah Surakarta tanggal 24 Februari 2003.
M. Klafid, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika: Untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta: Erlangga.
Panca Helena. 2003. Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika Dari Paradigma Mengajar ke Paradigma Belajar. Disajikan Dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang Diselenggarakan Pusat Studi Pembelajaran Matematika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Tanggal 27-28 Maret 2003.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.
Siti M. Amin, dkk. 2008. Matematika SD di Sekitar Kita: Untuk Sekolah Dasar Kelas III. Semester 2. Jakarta: Esis.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumarno. Ig. 2002. Matematika 3 Mari Berhitung: Untuk Sekolah Dasar Kelas 3. Jakarta: Depdiknas.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.




Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar