HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 29 Februari 2016

PTK SD 313 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI SD XXX Melalui Pendekatan Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2007/2008 Semester I

ABSTRAK



Kata Kunci      : Problem Based Learning, PKn

      Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN Sukabumi selatan 06 pagi dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning
      Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan o6 Pagi Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat dengan subjek pelaku tindakan 1 guru dan subjek penerima tindakan adalah 30 siswa kelas VI SDN Sukabumi Selatan 06 Pagi.
      Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakann yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
      Hasil evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan siklus pertama hasil belajar siswa baru mencapai 50%, sedangkan siklus yang kedua mencapai 60% dan pada siklius ke tiga mencapai 76,67% sedangkan porentase keaktifan siswa pada siklus pertama 70 %, siklus kedua 80% dan siklus ketiga 100%
      Secara statistik terdapat peningkatan hasil belajar PKn pada siklus pertama, kedua dan ketiga sejalan dengan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran
      Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunanan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VI di SDN Sukabumi Selatan 06 Pagi Jakarta Barat.




DAFTAR PUSTAKA



Arikunto Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Abror, Abd Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Alwasilah, Chaedar . 2000. Perspektif Pendidikan bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Persaighan Global. Bandung: Andira.
Hamalik, Oemar . 1990. Kurukulum dan Pembelajaran . Jakarta: Bumi aksara.
Hilgard & Bower.1975. Terjemahan dalam Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nawawi, Hadari. 1981. Pengaruh Hubungan Manusiawi di kalangan Murid terhadap Prestasi Belajar di Sekolah.Yogyakarta. IKIP Yogyakarta.
Sujana, Nana . .2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Surakhmad, Winarno .1979.Metodologi Pengajaran Nnasional. Jakarta:Jemmers.



Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147


Tidak ada komentar:

Posting Komentar