HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Jumat, 04 Juli 2014

PTK SD 219 = Pd 912 : Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Naratif Eksperiensial Siswa Kelas V SD XXX Tahun 2012/2013


ABSTRAK



              Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai bentuk kegiatan belajar   mengkomunikasikan ilmu, dengan tujuan meningkatkan keaktifan belajar siswa, meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa kelas V SD XXX. Dengan menerapkan metode Naratif Eksperiensial, suatu metode yang mengutamakan cerita. Jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian/evaluasi dan refleksi. Pengambilan datanya menggunakan lembar pengamatan  keaktifan belajar siswa, kegiatan pembelajaran dengan metode naratif eksperiensial dan hasil belajar siswa. Analisis Data menggunakan Analisis Interaktif untuk kegiatan pembelajaran metode naratif eksperiensial dan Analisis Komparatif untuk hasil belajar.
              Hasil penelitian menunjukkan peningkatan untuk keaktifan belajar siswa dari Siklus I 63,63% dan Siklus II 100 % . Untuk prestasi belajar siswa Siklus I nilai rata-rata 82,5, Siklus II nilai rata-ratanya 89,3. Untuk ketuntasan belajar siswa Siklus I 82,5 % dan Siklus II 89,3%. Keaktifan belajar dan prestasi belajar serta ketuntasan belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II meningkat. Siswa dapat lancar dan runtut serta dapat menangkap pesan dalam bercerita dan dapat memenuhi indikator.
              Metode Naratif Eksperiensial terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar serta ketuntasan belajar siswa karena dapat merangsang imajinasi siswa, menyapa siswa secara menyeluruh, baik segi kognitif, afektif, dan psikomotorik bersifat menawarkan dan membebaskan , sehingga penelitian tindakan kelas dapat mencapai hasil yang optimal.


Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar, Ketuntasan Belajar,
                      Naratif Eksperiensial






DAFTAR PUSTAKA
 
Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar ( Edisi Revisi ). Jakarta: Rineke Cipta.
Asyraf Suryadin. Tien Rostini. 2011. Pengembangan Profesi Guru Penelitian Tindakan Kelas.  Bandung: Amalia Book.
Conny Semiawan. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. PT Indeks.
Dalyono, M. , 1997. Psikologi Pendidikan Cetakan I. Jakarta:Rineke Cipta.
Depdikbud, 1995. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud
Depdiknas, 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: BNSP
Depdiknas, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta:Depdiknas.
Depdiknas. 2009. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Badan Peneltian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud dan PT Rineke Cipta.
Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineke Cipta.
Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung:Bumi Aksara.
Henypratiwi.2009.Eksperiensial Learning. http://www.eksperiensiallearning.com.
                     Diakses 21 Juni 2012, pukul 17.00.
Jacobs, Tom,1992. Poerwadarminta, W.J.S. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Joko Suwandi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Solobaru: Qinant.
Masnur Muslich. 2010. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa.2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan , Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, N. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Rubiyanto Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Solobaru: Qinant.
Rusto Wibowo. 2009. IPS Pro untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Jakarta: Erlangga.     
Sardjiyo, 2011. Pendidikan IPS di SD., Jakarta : Universitas Terbuka.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:PT. Raja Grapindo Persada.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slamet Hw. 2011. Statistika Dasar. Solobaru: Qinant.
Sudjana, N. 1989. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Sutrisno Agus dkk. 2006. Super Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Erlangga
Suwarno. Mulyadi. 2010. Pedagogi Khusus Bidang Studi Sekolah Dasar. Badan Penerbit FIP UMS.
Tim Bina Cipta Prestasi. 2010. Mandiri Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Erlanga.
Wahyudi Agus. 2011. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Solobaru: Qinant.
Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Wattimena AA.2009. Metode Penelitian Naratif. http://rpgpodcasts.com. Diakses 21 Juni 2012, pukul 18.00



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar