ABSTRAK
Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial sebagai bentuk kegiatan belajar mengkomunikasikan ilmu, dengan tujuan
meningkatkan keaktifan belajar siswa, meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar
siswa kelas V SD XXX. Dengan menerapkan metode Naratif Eksperiensial, suatu metode yang
mengutamakan cerita. Jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, penilaian/evaluasi dan refleksi. Pengambilan datanya
menggunakan lembar pengamatan keaktifan
belajar siswa, kegiatan pembelajaran dengan metode naratif eksperiensial dan
hasil belajar siswa. Analisis Data menggunakan Analisis Interaktif untuk
kegiatan pembelajaran metode naratif eksperiensial dan Analisis Komparatif untuk
hasil belajar.
Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan untuk keaktifan belajar siswa dari Siklus I 63,63% dan
Siklus II 100 % . Untuk prestasi belajar siswa Siklus I nilai rata-rata 82,5,
Siklus II nilai rata-ratanya 89,3. Untuk ketuntasan belajar siswa Siklus I 82,5
% dan Siklus II 89,3%. Keaktifan belajar dan prestasi belajar serta ketuntasan
belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II meningkat. Siswa dapat lancar dan
runtut serta dapat menangkap pesan dalam bercerita dan dapat memenuhi
indikator.
Metode Naratif
Eksperiensial terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi
belajar serta ketuntasan belajar siswa karena dapat merangsang imajinasi siswa,
menyapa siswa secara menyeluruh, baik segi kognitif, afektif, dan psikomotorik
bersifat menawarkan dan membebaskan , sehingga penelitian tindakan kelas dapat
mencapai hasil yang optimal.
Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Prestasi
Belajar, Ketuntasan Belajar,
Naratif
Eksperiensial
Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar ( Edisi Revisi ). Jakarta: Rineke Cipta.
Asyraf Suryadin. Tien Rostini. 2011. Pengembangan Profesi Guru Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:
Amalia Book.
Conny Semiawan. 2008. Belajar
dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. PT Indeks.
Dalyono, M. , 1997. Psikologi
Pendidikan Cetakan I. Jakarta:Rineke
Cipta.
Depdikbud, 1995. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud
Depdiknas, 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah
Dasar. Jakarta:
BNSP
Depdiknas, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta:Depdiknas.
Depdiknas. 2009. Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta:
Badan Peneltian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta
: Depdikbud dan PT Rineke Cipta.
Djamarah, S.B. 2002. Psikologi
Belajar. Jakarta:Rineke
Cipta.
Hamalik, O. 2006. Proses
Belajar Mengajar. Bandung:Bumi
Aksara.
Henypratiwi.2009.Eksperiensial
Learning. http://www.eksperiensiallearning.com.
Diakses 21
Juni 2012, pukul 17.00.
Jacobs, Tom,1992. Poerwadarminta, W.J.S. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta:Balai
Pustaka.
Joko Suwandi. 2011. Penelitian
Tindakan Kelas. Solobaru: Qinant.
Masnur Muslich. 2010. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa.2009. Implementasi
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan , Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, N. 1990. Psikologi
Pendidikan. Bandung:Remaja
Rosdakarya.
Rubiyanto Rubino. 2011. Metode
Penelitian Pendidikan. Solobaru: Qinant.
Rusto Wibowo. 2009. IPS Pro
untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Jakarta:
Erlangga.
Sardjiyo, 2011. Pendidikan IPS
di SD., Jakarta
: Universitas Terbuka.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:PT.
Raja Grapindo Persada.
Slameto, 2003. Belajar dan
Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slamet Hw. 2011. Statistika
Dasar. Solobaru: Qinant.
Sudjana, N. 1989. Penelitian
Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja
Rosda Karya.
Sutrisno Agus dkk. 2006. Super Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta
: Erlangga
Suwarno. Mulyadi. 2010. Pedagogi Khusus Bidang Studi Sekolah Dasar.
Badan Penerbit FIP UMS.
Tim Bina Cipta Prestasi. 2010. Mandiri Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI
Kelas V. Jakarta: Erlanga.
Wahyudi Agus. 2011. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Solobaru: Qinant.
Winkel, W.S. 1983. Psikologi
Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta:
Gramedia.
Wattimena AA.2009. Metode Penelitian Naratif. http://rpgpodcasts.com. Diakses 21 Juni
2012, pukul 18.00
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar