HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Rabu, 04 Juni 2014

PTK SD 224 = Pd 917 : Peningkatan Kreativitas Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendengarkan Cerita Rakyat Dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V Semester I SD XXX Tahun 2012/2013




ABSTRAK    

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat melalui Metode Bermain Peran. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD XXX yang berjumlah 18 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari 3 komponen yaitu; Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Relfeksi.
             Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dalam kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat pada siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan hasil kreatifitas siswa dalam belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentasi ketuntasan hasil belajar siswa dalam kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan sebesar 61,11% atau 11 siswa dan pada siklus II sebesar 83,33% atau 15 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode bermain peran mampu meningkatkan kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat pada siswa.

Kata kunci: Kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat, metode bermain Peran



DAFTAR PUSTAKA



Agus Budi Wahyudi. 2011.Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia. Surakarta. PSKGJ-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Aqid, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Djago Tarigan, dkk. 2005. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hartiningsih. 2009. “Peningkatan Kemampuan Mengungkapkan Pikiran dan Perasaan Secara Lisan pada Siswa Kelas IV Melalui Pendekatan Metode Bermain Peran SD Banyuurip Kabupaten Pati” (Skripsi S-1 Progdi PGSD). Semarang: IKIP PGRI Semarang.
 Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Semarang, 2006. Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan Program Diploma 2 PGSD IKIP PGRI Semarang. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
Joko Suwandi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: PSKGJ-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jurnal Dikbud. 2009. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pers.
Maryadi, dkk. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta:PSKGJ-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Monty P. Satiadrama, Fidelis E. Waruwu. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Media Grafika.
Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nar Herryanto,H.M. Akib Hamid. 2007. Statistik Dasar. Jakarta: Balai Pustaka.
Poerwodarminto. 1976.  Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Puji Santoso, dkk. 2007. Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rujiyanto, Joko Sudibyo S.N. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Rubiyanto Rubino. 2003. Metode Penelitian. Surakarta: PSKGJ-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sanusi Budi, Asep Effendi, Aswan, Syamsuddin Yusuf, Purwati. 2001. Bina Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Solihin. 2010. “Peningkatan Pemahaman Mengungkapkan Siswa tentang Dogeng Melalui Metode Bermain Peran Kelas II SD Mulyoharjo Kabupaten Pati” (Skripsi S-1 Progdi PGSD). Semarang: Universitas Terbuka.
Suroso. 2004. Aku Cinta Bahasa Indonesia SD. Surabaya: Tiga Serangkai.
Wardani, I.G.A.K. dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yamin Martinis. 2005.Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar