HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Sabtu, 04 Januari 2014

PTK SMA 103 = Pd 777 : Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XA MA xxx Dalam Belajar Sejarah Melalui Penerapan Penelitian Sejarah Secara Sederhana (Tahun Pelajaran 2008/2009)

ABSTRAK



Mata  pelajaran  sejarah  sangat  penting  untuk  diajarkan,  karena  dapat melatih  siswmemperoleh  kemampuan  untuk  berfikir  historis  dan  memahami sejarah.  Melalui  pengajaran  sejarah,  diharapkan  siswa  mampu  mengembangkan kompetensi  untuk  berfikir  secara  kronologis  dan  memiliki  pengetahuan  tentang masa  lampau  yang  dapat  digunakan  untuk  memahami  dan  menjelaskan  proses perkembangan  dan  perubahan  masyarakat  serta  keragaman  sosial  budaya  dalam rangka   menemuka da menumbuhkan   jat diri   bangsa   di   tengah-tengah kehidupan masyarakat dunia. Akan tetapi di dalam faktanya, minat siswa terhadap pelajaran sejarah justru sangat rendah dan lebih banyak membuat siswa menjadi bosan dan tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Untuk itu dibutuhkan suatu  metode  pembelajaran  yang  mampu  meningkatkan  keaktifan  siswa  dalam belajar  sejarah.  Metode  pembelajaran  yang  digunakan  adalah  melalui  penerapan penelitian sejarah secara sederhana.
Masalah  pokok  yang  dikaji  dalam  penelitian  ini  adalah  bagaimana meningkatkakeaktifan  siswa  kelas  X-A  MA  XXX  dalam belaja sejara melalui   penerapa penelitia sejara secara   sederhana  tahun pelajaran  2008/2009  ?.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan keaktifan siswa dalam belajar sejarah melalui penerapan penelitian sejarah secara sederhana  pada  siswa  kelas  X-A  MA  XXX  tahun  pelajaran 2008/2009.
Penelitian  ini  menggunakan  penelitian  tindakan  kelas  yang  berlangsung dalam    siklus,   setiap   siklus   terdiri   dar  tahapa yaitu    perencanaan, pelaksanaan  tindakan,  pengamatan  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  ini  adalah siswa kelas X A MA XXX Patemon yang berjumlah 40 siswa. Data yang dihimpun berupa data pengamatan aktifitas siswa dan wawancara guru dan siswa. Hasil  pra  siklus  pada  penelitian  ini  menunjukkan  keaktifan  siswa  yang
masih  rendah,  yaitu  masih  terlihat  adanya  25  %  siswa  yang  keaktivan  dalam
belajarnya masih sangat rendah, dan hanya 7,5 % siswa yang keaktivan belajarnya tinggi. Kemudian pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 27,5 % siswa yang keaktivan  belajarnya  tinggi  dan  untuk  siswa  yang  keaktivan  belajarnya  rendah turun  menjadi  12,5 % dan  pada siklus 2,  keaktivan  belajar  sejarah siswa sangat tinggi  menjadi  sebesar  52,5%,  untuk  keaktivan  yang  tinggi  sebesar  45  %  dan
keaktivan  belajar  sejarah  yang  cukup  hanya  2,5  %,  pada  siklus  2  ini  tidak ditemukan   siswa   yang   keaktiva belajarny rendah.   Karena   telah   terjadi peningkatan  baik  dalam  kegiatan  pembelajaran  seperti  yang  diharapkan  maka penelitian dihentikan setelah siklus kedua.
Adapun saran yang dapat diajukan antara lain : (1) dalam proses belajar mengajar, hendaknya guru sejarah jangan bersifat konvensional dan monoton lagi, guru sejarah sebaiknya aktif dalam mencari sumber-sumber belajar sejarah untuk materi  pengajaran  mata  pelajaran  sejarah,  (2)  guru  sejarah  sebaiknya  aktif  dan kreatif dala mencar maupun   membua medi pembelajaran   yang   dapat digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar sejarah agar lebih menarik, tidak  membosankan  serta  dapat  memotivasi  siswa,  (3)  adanya  kerjasama  antara pihak  sekolah  dengan  pihak  instansi  pendidikan  lainnya,  yang  diharapkan  dapat memfasilitasi  dalam   mengembangkan proses pembelajaran sejarah pada khususnya  dan  IPS  pada  umumnya  dengan  cara  berusaha  menyediakan  sarana pembelajaran,   seperti   laboratoriu IPS   atau   ruang   multimedia,   pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran, dan yang lainnya.






 Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147




Tidak ada komentar:

Posting Komentar