ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan : 1). meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika
melalui metode inclusion, 2). meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika melalui metode inclusion. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif.
Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri XXX tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa. Subyek pemberi tindakan adalah
guru matematika kelas XI IPA 2 SMA Negeri XXX. Subyek yang membantu
dalam penelitian adalah kepala sekolah SMA Negeri XXX, dan peneliti.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif
kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu : 1). adanya
peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika meliputi: a) kemampuan
siswa mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 10,52% dan
sesudah tindakan menjadi 37,5%. b) kemampuan siswa memberikan tanggapan sebelum
adanya tindakan sebesar 18,42% dan sesudah tindakan mencapai 45%. c) kemampuan
siswa dalam mengajukan ide sebelum tindakan sebesar 13,15% dan sesudah tindakan
mencapai 32,5%. d) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum
tindakan sebesar 21,05% dan sesudah tindakan mencapai 60%. e) kemampuan siswa
dalam kerjasama kelompok sebelum tindakan sebesar 34,21 % dan sesudah tindakan
mencapai 50%. 2). adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dinilai dari :
a) kemampuan siswa mengkonstruksikan soal cerita dari 35% menjadi 62,5%. b)
ketepatan penggunaan rumus dari 45% menjadi 77,5%. c) kebenaran dalam proses
menghitung dari 50% menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
penerapan metode inclusion dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan keaktifan siswa.
Kata kunci : keaktifan,
pembelajaran, matematika, inclusion
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
_________________. 2008. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniawati, Arie. 2006. Upaya
Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Segi-4 Melalui Pembelajaran
Kooperatif Tipe TGT. Surakarta: Skripsi FKIP UMS (tidak diterbitkan).
Mariana, Made Alit. 2003. Pembelajaran
Remidial. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Moeleng, Lexy J. 2000. Metode
Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muslimah, Nana. 2006. Upaya
Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pola Latihan
Interaktif. Surakarta: Skripsi FKIP UMS ( tidak diterbitkan).
Purwanti, Tika Agustina.
2007. Upaya Peningkatan Aktivitas Berpikir Kritis Melalui Pengorganisasian
Tugas Terstruktur dan Kuis. Surakarta: Skripsi FKIP UMS (tidak
diterbitkan).
Purwoto. 2000. Strategi
Pembelajaran Matematika. Surakarta: UNS Press.
Suharta, I Gusti Putu.
2002. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Mengembangkan
Pengertian Siswa. Jakarta: Jurnal Matematika
Sukmadinata, Nana Syaodih.
2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wiriatmaja, Rochiati. 2006.
Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar