ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkkan
keaktifan belajar matematika siswa kelas IV SD yaitu keaktifan menjawab
pertanyaan dari guru, keaktifan bertanya atau mengemukakan pendapat dan
keaktifan mengerjakan soal didepan kelas melalui strategi pembelajaran card sort. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom
Action Research (CAR). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas IV SD
Negeri XXX yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Validitas isi
instrumen diperiksa dengan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini
menunjukkan ada peningkatan keaktifan yang terdiri dari tiga aspek: 1) Siswa
yang menjawab pertanyaan guru dari 16,67% menjadi 58,62%. 2) Siswa yang
bertanya atau mengemukakan pendapat dari 6,67% menjadi 48,28%. 3) Siswa yang
mengerjakan soal didepan kelas dari 26,67% menjadi 72,41%. Dengan adanya
peningkatan dari ketiga aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran card sort dapat
meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.
Kata kunci : strategi pembelajaran,
card sort (sortir kartu), keaktifan.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, dkk.
2007. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta : Bumi Aksara.
Armanto,
Dian (2003). Pengembangan Model
Pembelajaran Matemaika Berbasis Kompetensi dan Berkonteks Lokal Bagi Guru dan
Siswa SD/MI Sumatera Utara. Universitas Negeri Medan.
Daniel Muijs dan David Reynolds.
2008. Effective Teaching. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Dimyanti dan Mudjiono.
1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Freudenthal, H. 1973. Mathematics as an educational task. Dordrecht ,
The Netherlands :
Reidel.
Hamalik, Oemar. 1995. Kurikkulum Dan Pembelajaran. Bandung :
Bumi Angkasa.
Kurniawati, Ari. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Pokok Bahasan Bangun Segiempat
Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament). Skripsi: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
(tidak diterbitkan).
Miles, Matthew B dan A.
Michael Huberman. 1992.
Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru,
Jakarta: UI-Press.
Nana, Sudjana. 1991. Teori-teori belajar untuk pengajaran.
Jakarta: Fakultas Ekonomi UI.
Nana, muslimah. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam
Pembelajaran Matematika Melalui Pola Latihan Interaktif. Skripsi: FKIP
Universitas Muhammadiyah Surakarta (tidak diterbitkan).
Purwodarminto.
1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka
Rohani, Ahmad.
2004. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Rosi,
Diah Kartika Sari. 2006. Peningkatan
Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan
Menggunakan Pendekatan Montessori. Skripsi: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (tidak diterbitkan).
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning: 101 Pembelajaran Aktif.
Yogyakarta: Pustaka Insani.
Simanjuntak, Lisnawati, dkk. 1993. Metode
Mengajar Matematika 1.
Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyono,dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA.
Jakarta: Rineka Cipta.
Sutama. 2000. Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembenahan Gaya Mengajar Guru di SLTP Negeri
18 Surakarta. Tesis. Yogyakarta:Program Pasca Sarjana UMY (tidak
dipublikasikan).
Wulandari, Erni Tri. 2005. Usaha Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa
Dikelas Melalui Pendekatan Realistik. Skripsi: FKIP Universitas
Muhammadiyah Surakarta (tidak diterbitkan).
Edu-articles.com :Situs Pendidikan
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar