HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Sabtu, 29 Juni 2013

TK 005 : ANALISIS PENULUSURAN SUMBER VARIASI PADA PROSES PRODUKSI BENANG UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA.


ABSTRAKSI



Perbaikan dan pengendalian kualitas merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan perusahaan agar output produk yang dihasilkan memuaskan konsumen. Namun demikian untuk menjadi suatu produk jadi, suatu material akan melewati sebuah proses produksi dan ketika terjadi keluhan kualitas produk oleh kosnumen perlu dilakukan usaha identifikasi sumber variasi pada proses yang mengakibatkan cacat sehingga perbaikan dan pengendalian yang dilakukan bias sistematis dan fokus.
PT. Surakarta Sentosa Sejahtera adalah industry pemintalan benang yang memproduksi berbagai jenis benang dari kapas untuk bahan dasar kain. Salah satu jenis varians produknya yaitu TR 65/35 Ne1 45s mendapat keluhan kualitas dari kosnumennya.oleh karena itu pada peneltian ini akan dilakukan penelurusan sumber variasi pada proses dengan memperhatikan prioritas karakterstik kualitas benang berdasarkan persepsi konsumen. Perbaikan dilakukan dengan pendekatan Six Sigma yaitu Defini (pendefinisia), Measure (pengukuran), Analyze (analisis), improve (perbaikan) dan control (pengendalian).
Hasil pengolahan data memberikan informasi adanya tujuh karakterstik kritis (Critical to Quality, CTQ) benang, dengan urutan dari yang paling kritis yaitu : ketidakrataan benang, kekuatan benang, thin (benang tipis), nomor benang, thick (benang tebal), twist (puntiran) dan nep (bintik benang). Untuk ketidakrataan benang proses tekritis terjadi di mesin ring spinning dengan nilai sigma 4,22. Selain itu, diketahui bahwa proses di ring spinning memiliki nilai Cpmd sebesar 0,8285 dan Cpmk sebesar 0,9045, sehingga dapat diartikan bahwa proses di mesin ini tidak memenuhi standar kapabilitas proses dan perlu segera mendapat prioritas untuk perbaikan dan pengendalian.

Kata kunci :   Karakterstik kritis, sumber varisi, metode Six Sigma, kemampuan proses.




Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887



Tidak ada komentar:

Posting Komentar