ABSTRAK
Penelitian ini berjudul
“Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas IV SD Negeri xxx Dalam Melakukan
Operasi Perkalian Bilangan Cacah di Bawah 100.000 Melalui Alat Bantu Kartu Bilangan”.
Pemilihan judul ini atas
dasar alasan bahwa keterampilan siswa dalam belajar matematika khususnya
perkalian masih minim. Hal ini diselesaikan oleh rendahnya kesadaran orang tua
dalam memotivasi anaknya untuk belajar. Tujuan penelitian tindakan kelas ini
secara umum adalah menciptakan pembelajaran aktif dengan memahami konsep dasar matematika
yang ditandai adanya interaksi antara guru dan murid. Secara khusus bertujuan
untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas IV SD Negeri xxx dalam
melakukan operasi perkalian bilangan cacah di bawah 100.000 melalui alat bantu
kartu. Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Tahapan dalam siklus yaitu
: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil yang diperoleh setelah
dilaksanakan penelitian ini adalah sebagai berikut :
Siklus I siswa yang tuntas
belajar 19 siswa, yang tidak tuntas 6 siswa dengan hasil nilai rata-rata 8,06
prosentase 70,6 %. Siklus II siswa yang tuntas 21 siswa yang tidak tuntas 4
siswa, nilai rata-rata ulangan 8,56 dengan prosentase 85,6%.
Hasil tes sumatif penelitian
tindakan kelas diperoleh siswa yang tuntas belajar 20 siswa yang tidak tuntas 5
siswa dengan nilai ratarata dengan 8,56 dengan prosentase 85,6%.
Simpulan penelitian tindakan
kelas ini adalah dengan melalui penggunaan alat bantu kartu bilangan,
ketrampilan siswa kelas IV SD Negeri xxx dalam melaksanakan operasi
perkalian bilangan cacah di bawah 100.000 dapat ditingkatkan.
DAFTAR
PUSTAKA
Aburrahman Mulyono, 1999. Pendidikan
Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, 1988, Psikologi
Pendidikan, Jakarta : Depdikbud.
Darhim, dkk, 1992, Pendidikan
Matematika 2, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hudoyo, Herman, 1988, Belajar
Mengajar Matematika, Jakarta : Dep kdikbud
M. Khafid dan Suyati,
1999, Pelajaran Matematika Kelas 4.
Jakarta : Erlangga. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No :
060/U.1993/Tgl. 25 Februari 1993 tentang Garis-garis Besar Program Pengajaran
Kelas IV.
Moessono Djoko dan Sujono,
1988, Matematika Kelas IV, Jakarta : Balai Pustaka.
Natawijaya, Rohman, 1984, Pengajaran
Remidil, Jakarta : Depdikbud
Pandoyo dan Djoko M, 1994,
Matematika Ia untuk SLTP, Jakarta : Depdikbud.
Roseffendi, dkk, 1992, Pendidikan
Matematika 3, Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suryabrata Sumadi, 1984, Psikologi
Pendidikan, Jakarta : Raja Gravindo Persada.
REFERENSI LAINNYAUntuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar