ABSTRAK
Upaya
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VII MTs Negeri xxx
Permasalahan
dalam proses belajar mengajar dewasa ini kecenderungan umum bahwa siswa yaitu
memiliki aktivitas belajar yang rendah dan mereka hanya terbiasa menggunakan
sebagian kecil saja potensi atau kemampuannya, yaitu hanya pada pengetahuan
saja sehingga sikap dan tingkah laku terabaikan. Begitu juga dengan bentuk
pembelajara yang konvensional dan tidak variatif. Maka dari itu peneliti
mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan agar siswa
memiliki aktivitas belajar yang tinggi.
Adapun tujuan
penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar
siswa pada
mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 1 di MTs. Negeri xxx dengan
menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 2 di MTs. Negeri xxx dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 3 di MTs. Negeri xxx dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Upaya penelaahan
masalah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Dengan model
STAD ini diharapkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran akidah
akhlak meningkat.
Adapun tiga tindakan
yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu (1) Bagaimana hasil
belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 1 di MTs. Negeri Sungai Besar
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) Bagaimana hasil
belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 2 di MTs. Negeri Sungai Besar
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) Bagaimana hasil
belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 3 di MTs. Negeri xxx dengan
menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari tindakan di atas, diharapkan aktivitas cara belajar siswa semakin
meningkat. Data mengenai efektifitas tindakan dikumpulkan dari observasi, tes,
wawancara, kuesioner dan diskusi.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) Hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Negeri xxx pada siklus 1 dengan menerapkan
pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai nilai rata-rata 5,48, (2) Hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. xxx pada siklus 2
dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai nilai rata-rata
6,53, (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Negeri xxx
pada siklus 3 dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai
nilai rata-rata 7,33.
DAFTAR PUSTAKA
Abu, Ahmad. 1986. Metode Khusus Pendidikan Agama. Bandung : CV Amrico
Nana, Sudjana. 1991. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Muhaimin, Abdul Mujib. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung : Trigenda Karya
Roestiyah, NK. 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara
Winarno, Surakhmad. 1994. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito
Abdurrahman Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan
Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Oemar, Hamalik. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan Belaja. Bandung .
Tarsito
Anselm. 1997. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif (Prosedur, Tehnik
danTeori Grounded), 1997. Penyadur Junaidi Ghony, P T Bina Ilmu
REFERENSI LAINNYA
Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar