ABSTRAK
Upaya meningkatkan kemampuan
siswa dalam memahami masalah sosial dengan menggunakan media gambar pada
pembelajaran IPS kelas IV SDN XXX
Kata-kata kunci : Kemampuan siswa
dalam memahami masalah sosial Permasalahan pendidikan siswa selalu muncul bersamaan
dengan berkembang dan meningkatnya kemampuan siswa serta situasi dan kondisi
lingkungan yang ada. Di samping itu masih diberlakukannya sistem guru kelas di
SD dan cara pendekatan konvensional sudah dianggap tidak efektif serta
menimbulkan kejenuhan di dalam kelas. Oleh karenanya guru dituntut untuk selalu
dan terus berupaya memperbaiki pengelolahan pembelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), merupakan
sarana termudah untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pengelola pembelajaran.
pembelajaran konstruktivistis dimaksudkan menjadikan kebiasaan guru yang
bersifat otoriter menjadi fasilitator menambah kegiatan pembelajaran ego-
involvement menjadi task improvement, sehingga proses pembelajaran menjadi
lebih efektif serta dapat : (a) membangkitkan minat siswa untuk belajar
menemukan sendiri, (b) bekerjasama dengan mengkomunikasikan hasil belajarnya
dan (c) anak semakin aktif serta kooperatif.
Peneliti ini bertujuan mengetahui
peningkatan prestasi belajar matematika, setelah dilaksanakan kegiatan belajar
mengajar dengan menggunakan media konkrit, keaktifan dan ketrampilan siswa dapat
dimunculkan dalam pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran dengan
menggunakan media konkrit terbukti signifikan (1) meningkatkan prestasi belajar
(2) peningkatan aktivitas siswa, (3) pemunculan keterampilan siswa dalam
pembelajaran
DAFTAR PUSTAKA
Hernawan,
Asep H, dkk. (2006). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta:
Universitas Terbuka
Mikarsa,
Hera Lestari, dkk. (2005) Pendidikan Anak di SD, Jakarta: Universitas Terbuka
Saidihardjo,
(2004). Cakrawala Pengetahuan Sosial 5 untuk Kelas 5 SD dan MI. Solo :
Wangsa Jatra Lestari
Sumantri,
Mulyani. (1999). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta Depdikbud Dirjen
Dikti
Proyek PGSD
Wardani,
I.G.A.K; Wihardit, K; & Nasoetion, N. (2003). Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta :
Universitas Terbuka
Winataputra,
Udin S, dkk,(2005), Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas
Terbuka
Asmawi,
Zainul, dan Maulana,Agus (2005). Tes dan Assessment di SD. Jakarta:
Universitas Terbuka
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar