ABSTRAK
XXX 2005.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media
Software Pembelajaran Pada Siswa
Kelas IV SDN XXX Tahun Pelajaran 2005/2006 Semester I.
Kata kunci: Hasil belajar IPS,
Media pembelajaran, Software pembelajaran
Pada era global seperti sekarang ini
teknologi berkembang sangat pesat. Demikian pula dengan perkembangan dunia
komputer yang semakin canggih. Berbagai program baru bermunculan dan membuat
kita semakin mudah untuk mencari program-program yang kita inginkan. Kemajuan
teknologi komputer sangat membantu dalam penyampaian materi pelajaran.
Disamping itu kemajuan teknologi akan lebih mudah kita pelajari apabila kita
telah menguasai bahasa Inggris dengan baik.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di
SDN XXX yang dilaksanakan
pada bulan Nopember 2005 dengan obyek siswa kelas empat sebanyak 20 siswa
dengan model tindakan kolaboratif partisipatif selama 3 siklus penelitian. Data
penelitian terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif yang kemudian
dianalisis menggunakan analisis deskriptif model interaktif.
Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada pokok bahasan
keragaman suku budaya dan peninggalan sejarah yang ditunjukkan oleh data berikut:
nilai rata-rata SiklusI 7,0, nilai rata-rata SiklusII 7,7, dan nilai rata-rata SiklusIII
8,2. Selain hasil belajar berupa data kualitatif yaitu hasil tes, juga ada
peningkatan kemampuan siswa untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat,
memecahkan masalah, dan pembelajaran lebih aktif hal tersebut ditunjukkan pada
gambar 6 halaman 41.
Dari
hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS siswa
menggunakan media software pembelajaran IPS. Selain itu penggunaan software
pembelajaran IPS menjadikan pembelajaran lebih aktif dan meningkatnya minat
siswa untuk belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Suharsimi
Ariknto, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
Bumi Aksara.
Depdiknas. 2001.
Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta:
Depdiknas.
………….. 2002. Petunjuk
Pelaksanaan Penilaian Kelas di SD, SDLB, SLB Tingkat Dasar, dan MI.
Jakarta: Depdiknas.
Hamalik.
1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti
Indra Jati Sidi.
2004. Pelayanan Profesional, Kegiatan Belajar-Mengajar yang Efektif.
Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.
Nasution.
1996. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara
------------.
2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
------------
2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi
Aksara
Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Puskur Balitbang
Depdiknas. 2003. Model-model Pembelajaran Efektif.
(www.puskur_balitbang_depdiknas.com).upadate 28 Agustus 2007.
Rohani,
Ahmad. 1997. Media Instruktsional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipt
Rahadi,
Ansto. 2003. Media Pembelajaran Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud
Sudjana.
2001. Media Pengajaran. Jakarta : Sinar Baru Algensindo
Tim Penyusun,
2003, Belajar Sejarah dan Budaya, Jakarta: Elex Media Komputindo
REFERENSI LAINNYA
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar