HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 05 Maret 2012

PTK SD 102 : Penggunaan CTL untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pela-jaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Semester II di SDN Pandan-rejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2005/2006


 ABSTRAK


zzzzzzzzzzzzzzzzz. Penggunaan CTL untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pela-jaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Semester II di SDN Pandan-rejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2005/2006.

Kata kunci : keaktifan belajar, CTL

            Reformasi pembelajaran merupakan perubahan cara guru dalam memilih stra-tegi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Pelak-sanaan pembelajaran selama ini lebih banyak dilakukan di kelas, akibatnya siswa tidak bersentuhan dengan dunia nyata atau lingkungan. Guru sangat fasih berbicara tentang konsep tetapi tidak mengaitkan langsung dengan kehidupan sehari-hari maupun lingkungan belajar siswa. Guru kurang menyadari bahwa pemahaman dari konsep yang diberikan memerlukan gambaran-gambaran bagi siswa yang sebenarnya ada di sekeliling siswa atau pengalaman dari siswa itu sendiri. Guru kurang menggali potensi siswa untuk menenangkan dan mengorganisasikan perolehannya serta pengalamannya dalam pembelajaran.
            Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Apakah dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V? (2) Apakah dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas V?
            Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) ingin mengetahui penggunaan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V. (2) Ingin mengetahui penggunaan Contextual Teaching and Learning siswa kelas V.
            Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Actions Research). Penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu perencanaan, pengamatan (observasi), refleksi. Subyek siswa kelas V semester II SDN Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2005/2006.

 
DAFTAR PUSTAKA
Borg, W.R. Gall, J.P. & M.D. 1993. Applying Education Research A Practical Guide (End, Ed), N.Y. : Logman.
Hammerley, M (Ed), Case Studies in Classroom Research. Philadelpia : Open Uni-versity Press.
M.A. Dhari dan Milan Rianto. 1998. Metodologi Pengajaran. Malang : Depdikbud.
Nurhadi, M.Pd, Dr. 2003. Pendidikan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL). Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Tim Pelatih Penelitian Tindakan Universitas Negeri Yogyakarta. 2000. Penelitian Tin-dakan (Action Research). Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Winkel WS. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.
WJS. Poerwodarminto. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 0856-0196-7147





Tidak ada komentar:

Posting Komentar