ABSTRAK
xxxxxxxxxxxx, 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Semester I Sekolah Dasar Negeri Kepuhrejo 1 Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009 Dengan Teknik Outbound, Program Studi Pendidikan Bahasa den Sastra, FPBS IKIP PGRI Madiun, Pembimbing (1) Drs. Ages Budi Santoso, M.Pd., Pembimbing; (2) Elen Inderasari, S.Pd.,1V1.Pd.
Katy Kunci : Peningkatan, Menulis Puisi, Teknik Outbound.
Agar pelaksanaan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan, diperlukan perencanaan yang matang termasuk penggunaan metode. Dalam metodologi pengajaran banyak jenisnya, tetapi penggunaan media harus sesuai dengan tujuan, bahan den keadaan siswa. Selain itu juga harus memperhatikan prinsip-prinsip pengajaran yaitu dari yang mudah ke sukar, dari yang sederhana ke yang remit dan dari yang konkret ke abstrak. Penelitian ini bertujuan (1) ingin mengetahui sejauh mana penggunaan teknik outbound terhadap hash belajar siswa (2) ingin mengetahui peningkatan kemampuan membuat puisi dengan menggunakan teknik outbound siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penggunaan metode ini karena data yang diperlukan adalah data asli, artinya data yang diambil langsung oleh peneliti dari sumber aslinya, yaitu melibatkan semua siswa kelas IV SDN Kepuhrejo 1, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan dengan jumlah siswa 11 orang. Pelaksanaan penelitian ini tiga kali putaran yaitu tanggal 6 April 2009, 4 Mei 2009, 1 Juni 2009.
Berdasarkan perhitungan M (Mean) diperoleh hasil putaran pertama 6,73, putaran ke due 7,55 den putaran ke tiga 8,36. Dari hash analisis tersebut menunjukkan ada peningkatan kemampuan membuat puisi dengan tehnik outbound dari tiap-tiap putaran. Setelah mengetahui hash penelitian ini peneliti menyarankan agar membuat puisi dengan tehnik outbound digunakan sebagai pembelajaran di luar kelas pada mata pelajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran yang lain serta pada semua tingkat kelas.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta : Bima Aksara.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Cokrosuyoso. 1995. Dasar-Dasar Penelitian. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Kurikulum Pendidikan Dasar Jakarta : Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Sistim Penilaian Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Henry Guntur Tarigan 1994. Membaca Dalam Kehidupan. Bandung : Penerbit Angkasa.
Herman J. Waluyo. 199L Apresiasi Puisi. Jakarta: Balai Pustaka.
Mukhlis. 1993. Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D4 dan Pendidikan Kebudayaan. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sutedjo dan Kusnadi. 2008. Menulis Kreatif. Jakarta : Gramedia.
Winataputra, Udin S. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/cgi-bin/library diakses pada 24 Juni 2009
http: //mbahbrata-edu. blogspot. com12008/09/pemanfaatan-teknik-out-boundpada. htmlL diakses pada 24 Juni 2009
http://soil.faperta.ugm.ac.id/tj/1991/1992%20meto.pdf. diakses pada 24 Juni 2009
http: //fe. blK ac. id/wp-content/uploads/2008/09/Panduan%20Penul isan% 20Skripsi%20Akuntansz.pdf diakses pada 24 Juni 2009.
http://usepmulyana.files.wordpress.com/2008/08/metode penelitian.ppt. diakses pada 24 Juni 2009.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 0856-0196-7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar