HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Minggu, 05 Februari 2012

PTK SD 081 = Pd 534 : Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VI SDN Pingkuk 4 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009


 

ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxx 2009. Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VI SDN Pingkuk 4 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd, (2) Elen Inderasari, S.Pd.,M.Pd.
 Kata kunci : penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara
 Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan keterampilan berbicara melalui penggunaan metode sosiodrama siswa kelas VI SDN Pingkuk 4 Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2008/2009.
Alat pengumpul data yang dipakai dalam penelitian ini antara lain: Gagatan guur, catatan siswa, rekaman tape recorder, wawancara, angket dan berbagai dan berbagai dokumen yang terkait dengan siswa.
Aspek yang diamati dalam setiap siklusnya adalah kegiatan atau aktifitas siswa saat materi pembelajaran berbicara dengan metode sosiodrama (bermain peran) untuk melihat perubahan perilaku siswa, untuk mengetahui tingkat tingkat keterampilan berbicara siswa yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar dengan alat pengumpul data yang sudah disebutkan di atas.
Data yang diambil adalah data dari hasil tes, presensi, nilai tugas serta data

DAFTAR PUSTAKA
 Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanan Kegiatan Belajar Mengajar Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilrniah. Madiun: IKIP Madiun.
Gorys Keraf. 1996. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa Indah.
Henri Guntur Tarigan. 1990 Menulis Paragraf  Bandung: Angkasa.
Harimurti Kridalaksana. 1989. pembentukan kata dalam bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
J. Sima Tupang. 1993. inilah bahasa Indonesia yang benar III. Jakarta: PT Gramedia.
Mohamad Ali. 1994. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Sirategi. Bandung: Penerbit Angkasa.
M. Ramlan. 1992. Morfologi suatu tinjauan dislakiptif. Yogyakarta: CV. Kuyono.
Moh Thainrin Mujiar,to dan Yusuf S.Y.M. 1995. Dasar Ketrampilan Menulis. Tim Pengkajian Bahasa Indonesia.
Raka.Toni. 1996. Pengukuran dan Penelitian Pendidikan. Surabaya: Karya Anda.
Sutrisno Padi. 1991. Metodologi Risert Jilid III. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Andi Ofset.
Suharsimi Arikunto. 1995. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta: PT. Bina Aksara
Tim Penyiisunan Kurikulum Pemerintah Propinsi Jawa Timur. 2002. Penyusunan GBPP Sisterrt Semester Selcolah Dasar (SD). Surabaya: Depdikbud.
Tim Penata Bidang Pendidikan Dasar. Kurikulum SD 1994 (disesuaikan dengan suplemen GBPP 1999) GBPP Kelas V SD. Kantor Depdiknas Jawa Timur.
http.-//id.wikipedia.org/wiki/Kosakata, diakses, 8 Desember 2009).
(htt://pondokbahasa.wordpress.corn/2008/08/0'l/tuntutan-pengembangan­kosakata , diakses 18 Desember 2009).

Referensi Lainnya KLIK DISINI



Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 0856-0196-7147




Tidak ada komentar:

Posting Komentar