HP. 085 725 363 887

Pencarian

Memuat...

Selasa, 21 Februari 2012

PTK 095 = Pd 587 : PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD NEGERI I SIMO KECAMAT.AN SIMO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010


 ABSTRAK


 xxxxxxxxxxxxxxxxx. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD NEGERI I SIMO KECAMAT.AN SIMO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas sebelas Maret Surakarta, Oktober 2009.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk (1) meningkatkan hasil belajar matematika melalui Pendekatan Kontekstual pada siswa kelas III SD Negeri 1 Simo Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. (2) Mendiskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan Pendekatan Kontekstual amok meningkatkan hasil belajar matematika (3) Memaparkan bagaimana cara mengatasi kendala penerapan Pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD Negeri I Simo.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 01 Simo. Tehnik pengumpulan data menggunakan, observasi., dan tes. Tehnik analisis data menggunakan tehnik deskriptif interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas III SD Negeri I Simo, yaitu ditandai dengan Siswa kelas III sebanyak 36 anak mengalami peningkatan hasil belajar yaitu sebehun tindakan hanya 38,92 % siswa belajar tuntas setela.h tindakan menjadi 100%. (2) Terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan Pendekatan Kontekstual amok meningkatkan hasil belajar matematika antara lain guru kurang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan (respon siswa kurang), aktivitas siswa kurang, dan masih kurangnya ketuntasan belajar siswa kelas III SDN I Simo.
Cara mengatasi kendala penerapan Pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 1 Simo Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah guna harus terampil dalam menerapkan pendekatan kontekstual diantaranya : (1) mengkaji konsep dan kompetensi dasar yang akan dipelajari oleh siswa, (2) memahami latar belakang dan pengalaman hidup siswa melalui proses pengkajian
secara seksama, (3) mempelajari lingkungan sekolah dan tempat tinggal siswa, selanjutnya memilih dan mengaitkamiya dengan korasep dan kompetensi yang akan dibahas dalam proses pembelajaran kontektual, (4) merancang pembelajaran dengan mengaitkan konsep atau teori yang dipelajari dengan mempertimbangkan pengalaman yang dimiliki siswa dilingkungan kehidupan mereka, (5) melaksanakan pengajaran dengan selalu mendorong siswa untuk mengaitkan apa yang sedang dipelajari dengan pengetahuan / pengalaman yang telah dimiliki sebehunnya dan mengaitkan apa yang dipelajarinya dengan fenomena kehidupan sehari-hari, (6) melakukan penilaian terhadap pemahaman siswa. Hasil penilaian tersebut dijadikan sebagai bahan refleksi terhadap rancangan pembelajaran dari pelaksanaan.

DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, Nyimas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Dirjen Dikte Departemen Pendidikan Nasional.
Amir. 2007. Dasar-dasar Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Surakarta: UNS Press.
Andayani. 2009. Pembelajaran Inovatif Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Surakarta: Pusat Pergembangan dan Pelatihan Guru Profesional (P3GP).
Baharudin dan Esa Nur. Wahyuni. 2007 Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Darmono LS, Suharyanto. 2006. Buku Ajar Fokus. Surakarta: CV. Sindhunata.
Darmono LS, Suharyanto.200G. Buku Ajar Fokus. Berdasarkan Standar Isi 2006. Surakarta: CV. Sindhunata.
Damyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta bekerjasama dengan Depdikbud.
Garnida, Dadang. 2008. Pendekatan IPA di Sekolah Dasar. Bandung: Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan P4TK TK dan PLB.
Gtno, HJ, dkk, 2000. Belajar Dasar Pembelajaran. Surakarta: UNS Press
I. G. A. K Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka
Khafid, Suyati. 2004. Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung Untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
KTSP SD/ MI 2007
Mulyono Abdurrahman, 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT. Rineka Cipta.
Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Surabaya: Surabaya Intelectual Club (SIC).
Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil proses belajar mangajar. Band Rasdakarya.
Nurhadi; Senduk, A.G. 2003. Pembelajaran Kontesktual (Contextual Teaching and Learning CTL) dan Penerapannva dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UMPRESS).
Oemar Hamalik. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Purwo Darminto. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Purwoto; Marwiyanto. 2002. Pendidikan Matematika Materi Penataran Tertulis -Sistem Belajar Mandiri. Bandung: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar & Menengah.
Ranti. 2007. Penilaian Hasil Belajar. (http://one.indoskripsi.com) diunduh tanggal 8 Februari 2009.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Sarwiji Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Slamet,St.Y; Suwarto. 2007.Dasar-dasar Metodolog,i Penelitian Kualitatif Surakarta: UNS Press.
Soewito. 1993. Pendidikan Matematika I Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Sugiyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifkasi Guru Rayon 13.
Sullarsimi Arikunto dan Sugiarto. 2009. Peningkatan Profesi Ilmiah Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional. Surakarta UNS.
Sulis. 2007. Studi Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berhitang, Sumber Bahan Ajar dan Suasana Kelas di SLTP Negeri I Ngrompol Sragen. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta UMS Surakarta.
Suminarsih. 2007. Model-model Pembelajaran Matematika. Semarang: Widyaiswara LPMP Jawa Tengah.
Sunarsih, Cicih. 2007. Dasar-dasar Proses Beajar  Bandung : Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan. dan Tenaga Kependidikan P4TK TK dan PLB.
Syaifudin ____________. Arimatika Metode cerdas : Diklat Smart Arimatika matematika itu mudah Matematika yang kusuka.  Jakarta: GP Press.
Wulandari, Fibrianti. 2007. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning-CTL dalam Pemecahan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi tidak ditebitkan. Surakarta. UNS Surakarta.
http: ipotes. wordpress. corn 2009/04/23 – pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning
http: ipotes. wordpress. corn 2009/04/23 – pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning
http: ipotes. wordpress. corn 2009/04/23 – pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning Belajar Matematika.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar