HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 23 Januari 2012

PTK SD 071 : Peranan Eksplorasi Pustaka Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa Kelas IV SDN 01 Tawangmangu.


 

ABSTRAKSI

Judul karya ilmiah: Peranan Eksplorasi Pustaka Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa Kelas IV SDN 01 Tawangmangu.
 Karya Ilmiah ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) di SDN 01 Tawangmangu, pada kelas IV (Semester 2) tahun ajaran 2007-2008.
Kesulitan pembelajaran berawal dari permasalahan ”Bagaimana meningkatkan ketrampilan menulis pada siswa kelas IV di SDN 01 Tawangmangu,  Kecamatan Tawangmangu,  Kabupaten Karanganyar?”.
Dalam Kerangka Berpikir memuat latar belakang dan rumusan masalah, kemudian menetapkan Hipotesis. Hipotesis yang pertama adalah dengan hanya menggunakan strategi pembelajaran pada umumnya (konvensional) misalnya pemberian tugas, siswa kurang dapat termotivasi untuk meningkatkan ketrampilan menulis. Dan hipotesis yang kedua adalah dengan adanya penerapan eksplorasi pustaka sebagai metode pembelajaran membaca dan menulis mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan ketrampilan menulis siswa.
Disini Penelitian melalui 2 siklus, dengan tujuan ada perubahan peningkatan terjadi pada tiap siklusnya. Pada siklus I (masih bersifat konvensional) ada sedikit peningkatan, namun belum menunjukkan hasil yang maksimal karena masih ada siswa yang belum mencapai batas ketuntasan minimal. Kemudian dilanjutkan pada siklus II (dengan menggunakan peranan eksplorasi pustaka) dan hasilnya menunjukkan peningkatan dalam jumlah nilai pada kategori A, B dam C. Sedangkan pada kategori D dan C menunjukkan penurunan jumlah siswa. Untuk itu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dihentikan pada siklus ke II. 
Profesionalitas guru untuk melakukan pembelajaran secara aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Sehingga kendala-kendala dapat teratasi dengan baik, dan prestasi belajar siswa dapat meningkat.



DAFTAR PUSTAKA

Suparno. 2003. Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka
Wardani I.G.A.K. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Andayani Dkk. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta : Universitas Terbuka
Suprayekti Dkk. 2005. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta : Universtas Terbuka
Joan Beck. 2003. Meningkatkan Kecerdasan Anak, hal 154-155.  Jakarta : Delapratasa
Referensi lainnya KLIK DISINI

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 0856 0196 7147




Tidak ada komentar:

Posting Komentar