ABSTRAKSI
xxxxxxxxxxxxxxxx.“ PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN T G T (Teams Games Turnament) DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN BAGI SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI 2 PLUMBON TAHUN PELAJARAN 2007-2008”
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi pecahan bagi siswa dengan cara memasukkan unsure permainan dalam pelajaran matematika di SD Negeri 1 Plumbon dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajaran TGT (Teams Games Turnament). Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini, peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa dalam kelompok besar dan kelompok kecil.
Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V semester 2 sedang objeknya adalah pembelajaran materi pecahan pada mata pelajaran Matematika yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam individu dan kelompok dengan permainan.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi pecahan yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II.
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran TGT dalam kelompok dan dengan tehnik permainan siswa menjadi tertarik pada pelajaran..
Keyword : TGT (Teams Games Turnament), Pembelajaran Efektif, Pecahan.
DAFTAR PUSTAKA
Daniel Muijs dan David Reynolds 2008. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi (Edisi ke -2 ) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Russeffendi 1988. Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito
Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Andi Hakim Nasution. 1982. Landasan Matematika. Jakarta : Bharata Karya Aksara.
Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2007, Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD,IAIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 0856-0196-7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar