HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Kamis, 01 Desember 2011

E 009 : ANALISIS KEBIJAKSANAAN PENGADAN DAN PERSEDIAN BAHAN BAKU PADA UNIT SPINNING II P.T. DN LIRIS SURAKARTA


 

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Dewasa ini kemajuan teknologi bertambahnya penduduk sangatlah dirasakan sehingga menyebabkan lajunya perkembangan industry/perusahaan serta semakin banyak pula perusahaan yang menjadi besar, terutama bidang industri  sandang, maka semakin banyak masalah yang dihadapi oleh seorang pimpinan perusahaan, salah satu diantaranya ialah masalah penyediaan bahan baku.
Masalah penyediaan bahan baku, memerlukan kebijaksanaan tersendiri, sebab hal ini sangatlah menunjang kelancaran proses produksi dan tingkat laba yang akan diperoleh suatu perusahaan. Adapun yang dimaksud dengan penyediaan bahan baku di sini adalah bagaimana usaha seorang pimpinan perusahaan untuk memperoleh bahan baku yang dibutuhkan tepat pada waktunya, serta mempunyai kwalitas yang baik dengan harga seminimal mungkin, dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan proses produksi pada waktu mendatang. Sehubungan dengan hal ini maka sudah seharusnyalah apabila seorang pimpinan perusahaan mengetahui dan memperhitungkan faktor-faktor yang akan mempengaruhi persediaan bahan baku yang antara lain :
1.      Volume yang dibutuhkan untuk melindungi jalannya perusahaan terhadap gangguan kehabisan persediaan yang akan dapat menghambat atau mengganggu jalannya proses produksi
2.      Besarnya pembelian bahan baku setiap kali pembelian untuk mendapatkan biaya pembelian yang minimal.
3.      Estimasi tentang fluktuasi dari padfa harga bahan baku yang bersangkutan diwaktu-waktu yang akan datang
4.      Peraturan-peraturan pemerintah yang menyangkut persediaan material
5.      Harga pembelian dari pada bahan mentah
6.      Biaya penyimpanan dan resiko penyimpanan di gudang
7.      Tingkat kecepatan material menjadi rusak atau turun kwalitasnya.
Ketujuh faktor tersebut dapat dijadikan titik tolah untuk menentukan besar kecilnya persediaan bahan baku karena tanpa memperhatikan hal tersebut di atas, maka kebijaksanaan akan bahan baku akan mengalami kepincangan dan tidak mendpatkan hasil yang memuaskan.
“PT. DAN LIRIS” unti spinning II Surakarta memproduksi bermacam-macam jenis benang di mana masa sekarang ini sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan tuhan pakaian, maka pimpinan “PT. DAN LIRIS” tersebut harus mengusahakan agar proses produksinya dapat berjalan lancar serta dapat mencapai target yang diinginkan.
Untuk itu kebijaksanaan pimpinan dalam menetapkan persediaan bahan baku yang tepat, sangat diperlukan demi terjaminnya kontinuitas produksi dan mengurangi biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan dalam hal penyediaan bahan baku.

B.     Perumusan Masalah
Mengingat faktor produksi, bahan baku mempunyai peranan yang sangat penting bagi kelangsungan jalannya proses produksi serta bilamana penyediaan bahan baku terganggu akan menghambat pula kontunuitas produksi pada suatu perusahaan. Oleh karena itu masalah penyediaan bahan baku merupakan faktor yang dominan.
Sehubungan dengan hal itu, yang menjadi pokok masalah adalah :
1.      Bagaimana menentukan jumlah pembelian bahan baku yang optimal dengan biaya yang seminimal mungkin serta frekuensi pembelian yang menguntungkan di dalam satu periode.
2.      Bagaimana menentukan besarnya persediaan bahan baku minimal yang harus ada dalam gudang perusahaan
3.      Bagaimana menentukan kebijaksanaan waktu yang paling tepat untuk mengadakan pesanan kembali agar kontinuitas produksi lebih terjamin.


DAFTAR PUSTAKA

Agus Ahyari, Management Produksi II. Edisi III bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi UGM. Tahun 1983.
__________, Efisiensi Persediaan Bahan. Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta, 1981.
Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yayasan Badan Penerbit Gajah Mada, Yogyakarta
Sofyan Asasuri, Management Produksi, Edisi Ke III, Lembaga penerbit fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.1978
Sukanto, M, Com dan Indriyo, Management Produksi. Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 1978
Sutrisno Hadi, Metodologi Research Jilid II, cetakan ke lima, Yayasan Penerbitn Fakultas Psikologi, Univeristas Gajah Mada, Yogyakarta, 1980
Winarna Surahmad, Prof. Moc, Sd, Dasar dan Teknik Research. Bandung, CV Tarsito, 1982.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887





Tidak ada komentar:

Posting Komentar