HP. 085 725 363 887

Pencarian

Memuat...

Minggu, 20 November 2011

PTK TK 003: Perkembangan Motorik Anak Dini Usia pada Play Group Permata Bunda SKB Mojoagung Jombang Tahun Ajaran 2006/2007.


 ABSTRAK


Latar belakang pemilihan masalah dalam judul skripsi ini adalah kurangnya perhatian terhadap anak dini usia pada pola perkembangannya, serta ingin mengetahui perkembangan motorik anak yang sangat penting dalam proses pembentukan anak yang dipengaruhi oleh beberapa unsur antara lain otak, syaraf, dan otot. Perkembangan motorik ini dibahas dengan tujuan dapat mendiskripsikan (1) Perkembangan mororik halus dan motorik kasar path anak dini usia (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik anak dim usia.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian mendeskripsikan. Data dalam penelitian ini berupa perkembangan mororik halus dan motorik kasar pada Play Group “Permata Bunda” Mojoagung, Jombang serta orang tua dengan menggunakan penelitian populasi. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi partisipan, dokumentasi, wawancara dan dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data dengan langkah-Iangkah (1) Pengumpulan data, (2) Kiasifikasi data, (3) Pendeskripsikan.
Hasil menunjukkan bahwa (1) Perkembangan motorik halus dan motorik kasar anak dini usia pada Play Group “Permata Bunda” dikategorikan baik karena dari jumlah anak yang telah diteliti sebagian besar mampu melakukan kegiatan yang bersifat berkala, (2) Faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik antara lain lingkungan keluarga, karena keterkaitan keluarga sangat diperlukan dalam proses perkembangan mororik anak. Sedangkan faktor lain adalah hereditas baik gizi maupun pembawaan sejak lahir yang dialami anak. Saran yang diutarakan kepada orang tua, hendaknya lebih memperhatikan perkembangan anak serta pola asuh orang tua dituntut untuk berfikir dan berinisiatif untuk anak tidak bersifat menunggu serta bagi Play Group, hendaknya lebih menetapkan pada unsur pembentuk perkembangan motorik antara lain otak, syaraf, otot dan alat permainan yang dapat merangsang perkembangan anak. Bagi peneliti selanjutnya sebagai dasar untuk meneliti dalam bahasan yang lebih luas.

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Reni Hawadi. 2001. Psikologi Perkembangan Anak (Mengenal Sifat, Bakat Dan Kemampuan Anak). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Arikunto, Suharsimi.1998. Prosedur Peneiltihan (Suatu Pendekatan Praktis) Jakarta: PT Rineka Cipta.
Buletin PADU. 2002. Pemperdayaan Masyarakat. Edisi III. Desember. Jakarta Direktorat PADU
Direktorat Pendidikan Anak Dini Usia.2002. Acuan Pembelajaran Pada Anak Dini Usia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1988. Kamus Besar Bahasa hndonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Hadi, Sutrisno. 2000. Statistik Jilid II. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Husaini, Usaman dan Setiady. 1995. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung : Bumi Aksara.
Hurlock, E. B. 1994. Psikologi Perkembagan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan) . Jakarta: Erlangga
…………., 1998. Perkembangan Anak I. Jakarta: Erlangga
Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung : CV Mandar Maju.
Monks, FJ. Kenoers dan Haditono. 1994. Psikologi Perkembangan. Cetakan ke IX. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan. Cetakan I. Malang : UM Press.
Ober Lander, June R. 2002. Slow and Study Get M Ready (Buku pedoman Pengembangan Anak Dliii Usia). Jakarta: PT Gramedia.
Pertiwi, dkk. Bermain Dunia Anak. Yogyakarta: Aspirasi Pemuda.
Salim, Evita. Singgih. 2003. Kreatifitas dan Pengukuran CQ. Jakarta: Laboratorium Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM.
Singgih, D. Gunarsa dan Yulia Singgih. 1996. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.
Sudjana, Nana. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Surachmat, Winarno. 1968. Research Pengantar Metodologi Ilmiah. Bandung IKIP Bandung.
Yusuf LN, Syamsu. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Ramaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Zulkifli L. 1986. Psikologi Perkembangan. Bandung : Remadja Karya.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar