HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Sabtu, 08 Oktober 2011


 Pd 008 : STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERCOBAAN DAN METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV SD 4 KANDANGMAS DAN SD 3 CRANGGANG, DAWE, KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005

ABSTRAK

xxxxxxxxxxx, STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERCOBAAN DAN METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV SD 4 KANDANGMAS DAN SD 3 CRANGGANG, DAWE, KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta,   Agustus 2005.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan aa tidaknya perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Matematika yang pembelajarannya menggunakan Metode Diskusi Kelompok dan yang pembelajarannya menggunakan Metode Percobaan paa siswa kelas IV SD 4 Kandangmas dan SD 3 Cranggang, Dawe, Kudus tahun pelajaran 2004/2005.

Dengan masalah dan tujuan penelitian maka peneliti ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Percobaan, populasinya siswa kelas IV SD 4 Kandangmas dan SD 3 Cranggang, Dawe, Kudus. Alat pengumpul data dengan tes dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis data ternayta diperoleh nilai t empiris sebesar 4,444. Dikonsultasikan dengan nilai t tabel pada ts 5% = 2,045, ternyata t empiris lebih besar dari pada t tabel yaitu te > tt = 4,444 > 2,045. Berarti ada perbedaan pretasi belajar mata pelajaran Matematika yang diajarkan dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok dan yang diajarkan dengan menggunakan metode percobaan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan : Prestasi belajar mata pelajaran Matematika yang diajarkan dengan meggunakan metode Percobaan lebih baik dari pada yang diajarkan dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok pada siswa kelas IV SD 4 Kandangmas dan SD 3 Cranggang, Dawe, Kudus tahun pelajaran 2004/2005 dapat diterima.




DAFTAR PUSTAKA

Abdul Gafur. 1989. Desain Instruksional, Surakarta : Tiga, Serangkai
Ady dan Fryda. 1999. Kumpulan rumus Matematika untuk SD. Surabaya : Alumni Surabaya
Budiyono. 1998. Metodologi Penelitian Pengajaran Matematika. Surakarta Universitas Sebelas Maret Press.
Cholis Sa'dijah. 1994. Pendidikan Matematika II. Malang : Universitas, Negeri Malang
Daelami Hafid Ma'ruf. 2004. Perbedaan Antara Metode Terbimbing Dengan Metode Ceramah Terhadap Prestasi Belajar Hinu Pengetahuan. Skripsi. Surakarta: UNS (tidak diterbitkan)
Depdikbud. 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP Kelas IV SD. Jakarta : Depdikbud
­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­________. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas IV SD. Jakarta : Depdikbud
Djauzak Ahmad. 1995. Didaktik lMetodik Umum Jakarta: Diden Dikdasmen
Djoko Maesono dan Sujono. 1993. Matematika IV. Jakarta : Depdikbud
Himawan Wasito. 1992. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Herman Hudoyo. 2001. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang : FMIPA Universitas Negeri Malang
Herman Hudoyo dan Akbar Sutawidjaja. 1997. Matematika. Jakarta: Depdikbud
J. J Hasibuan dan Moedjiono. 1995. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya,
Kusni dan Kadaruslan. 2001. Geometri Dasar. Semarang : FMIPA Unnes,
Matyuni. 1995. Studi Komparatif Tentang Pengartih Penggunaan Media Tape Recorder Dan Buku Teks Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi IPA Siswa Kelas V SD Sawit dan SD Tempuran, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolah Tahun Pelajaran 1994/1995. Skripsl, Surakarta : UNS
Muhibin Syah- 1994. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : Rosda Karya
Mulyono Abdurrafiman. 1991. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Bandung : Rosdakarya
Nana Sudjana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar. Jakarta : Sinar Baru Algesindo
Oemar Hamalik. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : Burnt Aksara
Roestiyah N. K- 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara
S. Ulihbukit Karo-karo. 1981. Metodologi Pengajaran. Salatiga, : Saudara
S. Nasution. 1995. Didalaik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Sanapiah Faisal dan Mulyadi Guntur Waseso. 1982. Metodologi Penelitian. Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional
St. Y. Slamet. 2003. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surakarta : Universitas Sebelas Maret

Suharsimi Arikunto. 1995. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta
______________ . 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Suhito. 1999. Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika 3. Semarang : FMIPA HUP Semarang
Sukardi. 2002. Statistika. Surakarta : Masa Baru
Suripto Hadi Siswanto. 1990. Evaluasi Pencapaian Hasil Belajar Siswa. Surakarta : FKIP UNS
Sutrisno Hadi. 1983. Metodologi Research Mid L Yogyakarta : Andi Offset
__________ . 1989. Metodologi Research Jilid IV Yogyakarta: Andi Offset
Syatful BaM Djantarah dan Aswan Zata 2002. Smarew Jakarta : Rineka Cipta
Tim Pengembang PGSD. 1996. Strategi Belajar Mengajar H. Jakarta Depdikbud
_____________________ . 1997. Pendidikan Matematika IL Jakarta : Depdikbud
W. Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :
Grasindo W.S Winkel. 1984. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887




Tidak ada komentar:

Posting Komentar