HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Sabtu, 27 Februari 2016

PTK SMP 203 : Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Kolaborasi Small Group Discussion Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) Pada Siswa kelas VII A SMP Negeri XXX Tahun 2011

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi perlindungan dan penegakan hak asasi manusia (HAM) pada siswa kelas VII A SMP XXX tahun 2011  melalui penggunaan metode card sort kolaborasi small group disscussion. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan oleh penelitian adalah dengan menggunakan metode pembelajaran card sort kolaborasi small group disscussion. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran card sort kolaborasi small group disscussion. keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi perlindungan dan penegakan hak asasi manusia (HAM) pada siswa kelas VII A SMP XXX Tahun 2011 dapat meningkat minimal 75% dari 27 siswa.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi perlindungan dan penegakan hak asasi manusia (HAM) pada kelas VII A SMP XXX yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi pembelajaran card sort kolaborasi small group disscussion siswa yang aktif materi perlindungan dan penegakan hak asasi manusia sebanyak 10 siswa atau 37,7%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran card sord kolaborasi small group disscussion, siklus I meningkat menjadi 12 siswa atau 44,4% dan siklus II meningkat menjadi 20 siswa atau 74,1%. Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dari penggunaan metode card sort kolaborasi small group discussion, dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi perlindungan dan penegakan hak asasi manusia (HAM) Pada Siswa Kelas VII A SMP XXX  Tahun 2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Kata Kunci: Strategi pembelajaran, Card Sort kolaborasi small group disscussion,    Keaktifan, Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat.



DAFTAR PUSTAKA



Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kansil, C.S.T dan Cristine. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi. Jakarta: Pradnya Paramita.
Irenewati, Terry. 2007.  Optimalisasi Penerapan Metode Small Group Discussion dalam Pembelajaran Mata Kulian Sejarah Australia dan Oceania di Program Studi Pendidikan Sejarah. (Penelitian). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY. (http://www.google.com) diakses Minggu, 18 April 2011 pukul 21.40).
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-metode Baru). Jakarta: UIP.
Moleong, Lexi J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari dan Martini Hadari. 1992. Instrument Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Purwitosari, Mamik. 2009. Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajarn Card Sort Dikelas IV Semester I SD WONOKERTO 3 (PTK Di SD Wonokerto 3 Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Silberman, Mel. 2001. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta.: Insan Madani.
Sriyono, dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyarto. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas VII. Surakarta: Grahadi.
Tim Penyusun Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yng Kreatif dan Efektif). Jakarta: Bumi Aksara.
Zaini, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
(http:// penerapan-strategi-belajar-aktif-tipe.html).
(http:// penerapan-strategi-belajar-aktif-tipe.html).
(http:// penerapan-strategi-belajar-aktif-tipe.html
(http:// ardhana12.word press. Com /2009/01/20/ indikator-keaktifan-siswa-yang-dapat-dijadikan-penilaian-dalam-ptk-2)




Buku-Buku Referensi diatas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi / sms ke HP 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar